Selasa, 08 Februari 2011

sistem limfatik

gambar 1.

gambar 2



system limfatik adalah sistem yang menyokong system imunitas dan homeostatis (keseimbangan).
dalam system ini ada organ utama yaitu thymus, dan sumsum tulang (untuk imunitas dan akan dibahas lebih lanjut pada blok hemotoimunologi)
selain itu ada organ berupa saluran/ kapiler limpatis/ pembuluh limfe, nodus limfatis/ kelenjar getah bening. dan ductus limfatikus.

sistem ini memiliki beberapa fungsi antaralain
1. sebagai tempat akumulasi dan pematangan sel limfosit dan sel darah putih lainya
2. sebagai penyeimbang cairan. karena mengalirkan cairan berlebih dari dalam kapiler dan intersisial.

sistem ini mengalirkan cairan dari luar pembuluh limph satu arah (bisa masuk tapi stelah masuk, cairan terkurung di dalam)
setelah itu cairan akan dialirkan dan dikeluarkan kembali dalam pembuluh darah lewat duktus limphatikus, (perhatikan gambar 1)

sedangkan distribusi cairan getah bening terbagi dalam dua area (perhatikan gambar 2)
area lengan dan wajah sebelah kanan dialirkan menuju duktus limfatikus dextra, dan tidak saling berhubungan dengan area lainya yang dialirkan ke duktus limfatikus sinistra dan ductus thoracikus.

sistem ini brperan penting saat cairan darah terlampau banyak dan keluar kapiler. lalu sistem ini mengurangi retensi cairan tersebut.

sedikit tentang nodus limfatikus, dapat menjadi indikator terjadinya infeksi, karena saat infeksi terjadi pada area tertentu. maka nodus limfatikus tempat sistem imun berakumulasi akan membesar.
dan akan teraba dari luar.

0 komentar:

Posting Komentar